Apakah Mikrodermabrasi Aman untuk Dilakukan?

Image 1: Rangkaian proses perawatan Diamond Microdermabrasion yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Tinggal di Ibukota yang memiliki cuaca yang panas kadang juga tak menentu kadang membuat kulit mengalami beberapa masalah, seperti kulit kering, berjerawat dan kusam. Belum lagi tingkat polusi udara yang juga tinggi semakin menambah permasalahan kulit wajah yang kadang membuat penampilan jadi tak percaya diri. Jika sudah begitu berbagai cara pasti akan dilakukan untuk membuat kulit wajah terlihat sehat berseri kembali. Salah satu perawatan wajah yang banyak digemari kaum hawa Ibukota adalah Diamond Mikrodermabrasi. Diamond Mikrodermabrasi adalah prosedur perawatan non-invasif yang menggunakan kristal kecil yang dapat membantu menghilangkan lapisan permukaan sel kulit mati. Ketika menghapus stratum korneum atau lapisan atas kulit, tubuh akan menafsirkannya sebagai cedera. Kemudian dengan cepat menggantikan sel-sel kulit yang hilang dengan sel kulit yang baru dan sehat. Seluruh prosedur Diamond Mikrodermabrasi biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Alat yang digunakan untuk Diamond Mikrodermabrasi ini biasanya berupa mesin-mesin yang dapat menggosok dan dan mengeksfoliasi kulit menggunakan permukaan dengan ujung berlian yang halus, selain itu ada juga mesin yang akan menyedot hasil sel-sel kulit mati yang sudah melalui proses eksfoliasi. Lalu, apakah Diamond Mikrodermabrasi aman untuk dilakukan? Berikut penjelasanya.

Apakah Microdermabrasi aman?

Perawatan Diamond Mikrodermabrasi memang kadang menimbulkan beberapa efek samping seperti kulit yang akan terasa sedikit sakit atau kulit yang berubah kemerahan setelah perawatan selesai dilakukan. Meski begitu semua efek samping tersebut akan hilang dalam beberapa hari setelah melakukan perawatan. Jadi bisa dikatakan bahwa perawatan Diamond Mikrodermabrasi sangat amat untuk dilakukan. Selain karena memiliki efek samping yang akan hilang dengan sendiri, Diamond Mikrodermabrasi juga efektif dalam mengatasi masalah kulit.  Saking amannya,bahkan, banyak orang yang memilih melakukan mikrodermabrasi daripada melakukan perawatan laser karena umumnya lebih aman dan lebih hemat biaya.

Image 2: Sebelum Proses Perawatan Diamond Microdermabrasion yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Apakah Mikrodermabrasi berfungsi?

Tergantung pada berapa banyak perawatan yang sudah dilakukan. Umumnya hasil perawatan Diamond Mikrodermabrasi bisa langsung terlihat setelah melakukan beberapa kali setelah melakukan perawatan. Kulit akan terasa lebih cerah, elastis, dan terlihat lebih muda. Kebanyakan dokter kulit merekomendasikan untuk melakukan Diamond Mikrodermabrasi sekitar setiap empat minggu sekali.

Manfaat mikrodermabrasi

Diamond Mikrodermabrasi sangat cocok untuk kamu yang memiliki masalah pigmentasi yang tidak merata, garis-garis halus, pori-pori yang tersumbat dan bekas jerawat. Prosedur perawatan Diamond Mikrodermabrasi dapat merangsang aliran darah yang akan memberikan nutrisi pada setiap sel-sel kulit. Diamond Mikrodermabrasi juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit serta memperbaiki tekstur kulit. Jadi, jika kamu memiliki jaringan parut, Diamond Mikrodermabrasi dapat membantu mengurangi munculnya bekas jerawat. Namun, tidak direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kondisi kulit seperti rosacea, eksim, kulit terbakar aktif, herpes, lupus, luka terbuka, psoriasis, kapiler rapuh atau jerawat yang menyebar luas. Bukannya memberikan manfaat, Diamond Mikrodermabrasi justru dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan kulit berjerawat semakin parah.

Image 3: Mesin yang digunakan untuk perawatan Diamond MIcrodermabrasion yang dilakukan di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Mempersiapkan kulit sebelum melakukan Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur nonsurgical, minimal invasif. Jadi sangat sedikit yang perlu kamu lakukan. Sebaiknya sebelum melakukan perawatan, diskusikan terlebih dahulu masalah kulit dengan profesional perawatan kulit untuk mengetahui apakah Mikrodermabrasi cocok untukmu atau tidak. Diskusikan prosedur dan operasi kosmetik di masa lalu, serta alergi dan kondisi kulitmu. Kamu mungkin diminta untuk menghindari paparan sinar matahari, krim tanning, dan waxing selama sekitar satu minggu sebelum perawatan. Selain itu, kamu juga disarankan untuk berhenti menggunakan krim dan masker eksfoliasi kulit sekitar tiga hari sebelum perawatan. Hapus semua riasan dan bersihkan wajah sebelum prosedur perawatan Diamond Mikrodermabrasi dimulai.

Apa yang Terjadi Setelah Dermabrasi dan Mikrodermabrasi?

Setelah prosedur dermabrasi, kulit akan terasa seperti telah “disikat” selama beberapa hari. Penyembuhan biasanya terjadi dalam 7 hingga 10 hari setelah proses perawatan. Kulit yang berwarna kemerahan secara bertahap akan berubah warna menjadi normal. Dalam kebanyakan kasus, warna kemerahan pada kulit sebagian besar memudar dalam hitungan hari saja. Kamu dapat menggunakan riasan kembali setelah kulit sembuh dan tidak berwarna kemerahan.

Umumnya, kebanyakan orang dapat melanjutkan aktivitas normal mereka dalam tujuh hingga 14 hari setelah dermabrasi. Kamu harus menghindari sinar matahari selama beberapa minggu setelah kulit tidak berwarna kemerahan. Saat berada di luar ruangan, gunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF 30 atau lebih. Kamu juga bisa menggunakan topi untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Setelah mikrodermabrasi, kulit akan berwarna kemerahan dan terasa kering serta kencang (seperti terbakar matahari) selama sekitar 24 jam. Setelah melakukan perawatan, gunakanlah pelembab untuk melembabkan kulit. Beberapa jenis riasan tidak boleh diterapkan setidaknya 24 jam setelah prosedur.

Image 4: Perbedaan Before after setelah melakukan Diamond Microdermabrasion di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Nah itu tadi penjelasan mengenai keamanan perawatan Diamond Mikrodermabrasi. Diamond Mikrodermabrasi memiliki banyak manfaat untuk wajah dan terkenal efek dalam mengatasi berbagai masalah kulit di wajah. Namun sayangnya ada banyak orang yang masih ragu untuk melakukan perawatan yang satu ini. Padahal perawatan Diamond Mikrodermabrasi sangat amat untuk dilakukan, asalkan kamu memilih Terapis atau ahli kecantikan yang sudah berpengalaman dan profesional di bidangnya, seperti di Alora - Hair, Beauty & Spa.

Alora - Hair, Beauty & Spa merupakan Salon Rambut dan Spa Kecantikan terbaik di Jakarta Barat yang menyediakan layanan Diamond Mikrodermabrasi dengan terapis yang berpengalaman di bidangnya. Tertarik untuk melakukan Diamond Mikrodermabrasi? Silakan cek di sini untuk informasi lebih lanjut atau bisa juga menghubungi kami secara langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 812 9947 0636