Tips Merawat Kulit Kepala Untuk Rambut Sehat Anti Ketombe

Kulit kepala yang sehat dan bersih merupakan salah satu ciri rambut yang sehat. Tentunya banyak di antara kita yang berusaha ekstra untuk merawat kulit kepalanya agar terhindar dari berbagai masalah rambut seperti ketombe, rontok dan patah. Menurut dr. Susi Wang yang merupakan pakar kulit dan rambut, Kulit kepala prempuan dan lelaki memiliki kondisi kulit yang berbeda. Dimana kulit kepala perempuan jauh lebih kuat disbanding kulit kepala laki-laki. Namun, ternyata kulit kepala perempuan jauh lebih rentan mengalami kerusakan karena seringnya menggunakan produk berbahan kimia pada rambut. Sedangkan, kulit kepala laki-laki jauh lebh mudah mengalami masalah ketombe karena cenderung lebih berminyak. Lalu, bagaimana cara kita merawat kulit kepala agar senantiasa bersih dan terbebas dari berbagai masalah rambut? Berikut beberapa tips merawat kulit kepala agar lebih sehat dan bersih.  

Image 1: Alasan kenapa kamu harus mencoba melakukan perawatan scalp therapy di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

  • Cuci rambut secara teratur

    Hal pertama yang perlu dilakukan saat hendak merawat kulit kepala, mulailah dengan membersihkan rambut dan kulit kepala secara teratur. Pasti kan kamu selalu mencuci setiap 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit kepala yang bersih dan rambut yang sehat.

  • Pastikan untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari secara langsung

    Paparan sinar UVA dan UVB ternyata dapat membuat rambut mudah rusak. Hal tersebut dikarenakan sinar UVA dan UVB dapat merusak lapisan terluar rambut seperti keratin dan melamn. Rambut yang secara terus menerus terpapar sinar UVA dan UVB bisa menjadi lebih kering serta kehilangan kelembapannya. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menggunakan penutup kepala seperti topi untuk melindungi rambut dari sinar UVA dan UVB. Selain itu, pastikan juga untuk memilih topi dengan bahan yang lembut dan mudah menyerap keringat. Pasalnya, keringat dapat menyebabkan rambut menjadi mudah berketombe.

Image 2: Step by step perawatan scalp therapy di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

  • Konsumsi makanan yang bernutrisi serta istirahat yang cukup

    Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan kulit kepala adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi juga istirahat yang cukup. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Tak hanya itu saja, istirahat yang cukup dan terhindar dari stress juga dapat membantu proses merawat kulit kepala. Pasalnya ada beberapa masalah rambut yang disebabkan oleh factor stress, salah satunya adalah masalah ketombe.

  • Menggunakan produk perawatan rambut yang tepat

    Salah satu cara paling tepat dalam merawat kulit kepala adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut yang tepat. Penggunaan produk perawatan yang tepat dapat membantu menjaga dan merawat kesehatan rambut. Sayangnya, masih banyak yang keliru mengna penggunaan produk-produk perawatan rambut seperti kondisionr, hair spray dan lain-lain. Sebaliknya, menggunakan produk perawatan rambut yang keliru dapat menyebabkan rambut menjadi rusak. Selain itu, pastikan juga bahwa kamu telah memilih produk dengan kandungan yang tepat untuk kondisi rambut dan kulit kepalamu. Khusus untuk kamu yang memiliki masalah kulit kepala yang sensitif, kamu bisa mencoba konsultasi terlebih dahulu sebelum membeli produk, sehingga dokter bisa memberikan rekomendasi produk yang tepat.

Image 3: Perawatan scalp therapy yang tersedia di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Itu dia beberapa cara merawata kulit kepala yang bisa kamu coba. Selain melakukan beberapa tips tersebut, kamu juga bisa mencoba melakukan perawatan rambut khusus untuk kulit kepala. Banyak salon yang menyediakan perawatan khusus kulit kepala, seperti Alora –Hair, Beauty & Spa yang menyediakan layanan Scalp Therapy khusus untuk merawat kulit kepala, membersihkan kulit kepala secara menyeluruh serta menutrisi kulit kepala.Tak hanya perawatan Scalp Therapy saja, Alora – Hair, Beauty & Spa juga menyediakan beberapa perawatan rambut, untuk info lebih lanjut silakan cek di sini atau bisa juga menghubungi kami secara langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 812 9947 0636