Penyebab Kulit Kepala Berminyak dan Rambut Lepek

Image 1: Perawatan untuk rambut berminyak di Alora - Hair, Beauty & Spa d Jakarta

Banyak orang yang ingin memiliki rambut yang bouncy, mudah diatur dan lembut. Sayangnya, persoalan rambut berminyak justru banyak dialami oleh sebagian besar wanita. Memiliki rambut yang berminyak dan lepek membuat penampilan jadi tidak terlihat sempurna. Seringnya, rambut lepek dan berminyak juga membuat kita menjadi tak percaya diri. Nah untuk kamu yang memiliki masalah rambut lepek dan berminyak, berikut beberapa penyebab rambut lepek dan berminyak serta tips untuk mengatasinya.

Kulit kepala berminyak dan lepek ternyata disebabkan oleh beberapa factor pemicunya. Berikut factor-faktornya:

  • Pengaruh hormon. Hormon menjadi salah satu penyebab produksi minyak berlebih di kulit kepala. Pengaruh hormon ini banyak dialami oleh para wanita saat mengalami beberapa situasi, seperti saat hamil, menopause, pubertas, stress hingga saat mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

  • Tekstur rambut . Selain hormon, ternyata tekstur rambut juga memilki peran dalam produksi minyak. Misalnya untuk pemlik rambut lurus biasanya lebih banyak mmproduksi minyak lebih banyak disbanding dengan pemlik rambut keriting dan bergelombang.

  • Penggunaan produk styling rambut juga ternyata dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit kepala. Hal tersebut dikarenakan, produk styling rambut dapat meninggal sisa residu yang masih menempel di kulit kepala.

  • Cuaca juga memiliki pengaruh dalam memproduksi minyak di kulit kepala. Misalnya, saat cuaca sedang panas, tubuh cenderung mudah berkeringat dan membuat kulit kepala memproduksi minyak berlebih.

 

f8d0376921441a1dd5a412b0519625e8.jpg

Image 2: Produk yang digunakan untuk perawatan scalp therapy, perawatan rambut khusus rambut lepek dan kulit berminyak di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Itu dia beberapa factor penyebab kulit kepala berminyak dan lepek. Setelah kita mengetahu faktornya, kita bisa melakukan beberapa tips berikut untuk mengatas ikulit kepala berminyak dan lepek.

·     Cuci rambut dengan benar

Salah satu cara merawat kulit kepala dimulai dari mencuci rambut yang benar. Selama ini, masih banyak diantara kita yang menyepelekan proses mencuci rambut. Saat mencuci rambut, jangan menggosok kulit kepala terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, cobalah untuk memijat kulit kepala secara lembut saat keramas. Gunakan kondisioner di bagain tengah hingga ujung rambut. Jangan aplikasikan kondisioner di bagaian kulit kepala karena dapat menyebabkan produksi minyak berlebih.

·     Jangan terlalu sering menyentuh rambut

Tahukah kamu jika terlalu sering menyentuh rambut dapat merangsang kelenjar aktif dalam mmproduksi minyak? Selain itu, menyentuh rambut terlalu sering dapat menyebabkan rambut menjadi lebih kotor. Pasalnya, kotoran dan debu yang ada di tangan bisa berpindah ke rambut saat kamu menyentuhnya. Selain itu, hindari juga menggaruk kulit kepala secara berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi di kulit kepala.

Image 3: Step by step perawatan khusus rambut berketombe dan berminyak di Alora- Hair,Beauty & Spa di Jakarta

·     Konsumsi makanan bergizi seimbang

Setiap makanan yang kita makan memiliki pengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Begitu juga bagi rambut. Contohnya saat kamu mengknsumsi makanan yang tidak sehat, maka tudak akan menghasilkan racun dan minyak berlebih melalu kulit kepala. Untuk itu, pentingnya memperhatikan kandungan gizi makanan yang kita konsumsi. Kamu bisa mencoba mengkonsumsi buah alpukat untuk kesehatan rambut. Bisa juga mengkonsumsi sayuran yang baik bag detoksifikasi tubuh secara alami.

·     Lakukan perawatan rambut dengan rutin

Selain memperhatikan makanan yang kita konsumsi, cara lainnya untuk mengatasi minyak berlebih d kulit kepala adalah dengan melakukan perawatan rutin. Kamu bisa mencoba beberapa perawatan rambut seperti mencoba menggunakan masker rambut maupun mencoba beberapa perawatan hair spa khusus untuk rambut berminyak. Lakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Image 4: Perawatan kulit kepala di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

Itulah beberapa penyebab kulit berminyak dan tips cara mengatasinya. Jika berbagai cara sudah kamu lakukan namun kulit kepalamu tetap berminyak, maka kamu bisa mencoba melakukan beberapa perawatan khusus di salon langgananmu. Di Alora – Hair, Beauty & Spa sendiri, kamu bisa mencoba perawatan scalp therapy treatment yang merupakan perawatan khusus untuk rambut berminyak dan berketombe. Ada penawaran harga khusus sampai akhr juli untuk setiap perawatan Hair Scalp Therapy. Untuk mengetahui perawatan rambut lainnya, kamu bisa cek di sini atau bisa juga menghubungi kami secara langsung.  

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 812 9947 0636