Rambut Sehat Anti Rusak, Begini Tips Cara Merawat Rambut Bagi Pengguna Berhijab

Hijab merupakan kewajiban bagi umat muslim. Bagi pengguna hijab, merawat rambut secara ekstra sangat disarankan. Pasalnya, rambut yang berhijab biasanya cenderung mengalami berbagai masalah seperti rambut kering, rontok dan berketombe. Demi mencegah munculnya beberapa masalah pada rambut, berikut beberapa tips menjaga kesehatan rambut bagi kamu yang berhijab.

  • Gunakan Hijab Berbahan Lembut dan Menyerap Keringat

Ada beberapa penyebab kenapa pengguna hijab rambutnya cenderung rusak dibanding non hijab. Pemilihan bahan atau kain hijab ternyata memiliki peranan penting bagi kesehatan rambut.  Pasalnya, pemilihan kain hijab yang kasar biasanya dapat menyebabkan gesekan pada rambut yang membuat rambut menjadi kasar dan mudah patah. Tak hanya itu saja, bahan hijab yang cenderung tebal dan tidak menyerap keringat dapat menyebabkan rambut mudah lepek dan bau. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih kain hijab yang lembut, mudah menyerap keringat, dan breathable.

Image 1: Hair Spa Charcoal, salah satu perawatan rambut kering di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

  • Sering-seringlah Menggerai Rambut

Sama halnya dengan pori-pori kulit, rambut pun butuh untuk istirahat. Oleh karena itu, usahakan untuk langsung melepas hijab ketika sudah berada di dalam rumah. Selain itu, pastikan untuk melepas ikatan rambut saat sedang tak mengenakan hijab. Biarkan rambut tergerai begitu saja sehingga dapat membiarkan rambut memiliki sirkulasi udara. Namun jika memang dalam kesehariannya, kamu terpaksa harus menggunakan hijab seharian, maka pastikan untuk selalu memilih hijab dengan bahan yang nyaman dan lembut. 

  • Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Mengikat rambut yang terlalu kencang dapat membuat rambut mudah patah dan rontok. Hal tersebut biasanya dikarenakan rambut tertarik kencang hingga ke akar. Tak hanya itu saja mengikat rambut yang terlalu kencang juga dapat membuat rambut kehilangan kekuatannya. Untuk itu, lepaskan ikatan rambut jika sudah tidak memakai hijab, biarkan rambut tergerai. Jika pun ingin mengikat rambut pastikan bahwa kamu mengikatnya dengan longgar.

Image 2: Perawatan Scalp treatment untuk perawatan kulit kepala di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta

  • Jaga Kebersihan Hijab dan Ciput

Menjaga kebersihan rambut tak bisa dipisahkan dengan dengan menjaga kebersihan hijab dan ciput. Hijab dan ciput yang kotor dapat menyebabkan kulit kepala kotor,  rambut bau apek, dan lembab. Karenanya, pastikan untuk selalu mengganti hijab dan ciput secara teratur. 

  • Pastikan Rambut Selalu Kering Sebelum Menggunakan Hijab

Sebelum mengenakan hijab, pastikan bahwa rambutmu sudah benar-benar kering. Jika sudah keramas, pastikan untuk selalu mengeringkan rambut terlebih dahulu. Rambut yang basah dapat menyebabkan bau apek jika langsung mengenakan hijab. Selain itu, rambut yang basah juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut menjadi lembab dan mudah rontok.

  • Gunakan Shampo yang Tepat

Selain melakukan beberapa tips di atas, pastikan bahwa kamu selalu menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Selain itu, kamu juga dapat mencoba menggunakan produk khusus rambut hijab yang memang didesain untuk mengatasi permasalahan rambut pengguna hijab. Namun jika rambutmu sudah terlanjur mengalami kerusakan dan tak mengalami perbaikan setelah menggunakan produk perawatan, ada baiknya kamu mencoba melakukan perawatan rambut seperti Hair detox ataupun Scalp therapy di Alora - Hair, Beauty & Spa. Hair Detox memiliki manfaat dalam mengatasi rambut rontok, kering dan berketombe. Sedangkan untuk scalp therapy bermanfaat dalam membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dan dapat mengatasi ketombe di kulit kepala. 

Image 3: Perawatan Hair Detox untuk rambut berketombe dan rontok di Alora - Hair, Beauty & Spa di Jakarta


itu dia beberapa tips yang bisa dicoba untuk mencegah munculnya permasalahan rambut yang kerap terjadi pada pengguna hijab. Walau menggunakan hijab, rambut tetap harus dijaga akan kebersihan dan kesehatannya. Sehingga hijab tak menjadikan penyebab kerusakan rambut. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut di salon, di antaranya melakukan perawatan hair spa untuk menjaga kesehatan rambut, melakukan hair detox bagi kamu yang memiliki masalah rambut rontok dan berketombe, bisa juga mencoba perawatan scalp treatment bagi kamu yang memiliki masalah ketombe di rambut. Scalp treatment juga bermanfaat dalam membersihkan kulit kepala hingga menyeluruh dan memberikan nutrisi di kulit kepala. Alora - Hair, Beauty & Spa sendiri memiliki beberapa perawatan rambut, untuk melihat beberapa perawatan yang tersedia kamu bisa cek di sini atau bisa juga menghubungi kami secara langsung .

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 812 9947 0636