Manfaat Lemongrass Essential Oil untuk Kulit dan Penggunaan Massage

Lemongrass essential oil atau minyak serai merupakan jenis minyak atsiri yang sering digunakan dalam aromaterapi. Penggunaan Lemongrass essential oil menawarkan banyak manfaat baik itu untuk kesehatan maupun untuk kecantikan kulit khususnya. Salah satu kandungan yang ada dalam Lemongrass essential oil adalah citral, senyawa yang ditemukan sebagai antimikroba (zat yang menghancurkan atau menekan pertumbuhan mikroorganisme termasuk bakteri dan jamus. Minyak ini juga mengandung limonene yang terbukti mengurangi peradangan dan melumpuhkan bakteri.

Bagaimana Cara Kerja Lemongrass Essential Oil?

Dalam aromaterapi, menghirup aroma minyak serai atau Lemograss essential oil atau menggunakannya secara langsung diduga dapat mengirimkan pesan ke otak terlibat dalam mengendalikan emosi. Singkatnya, Lemongrass essential oil ini dapat menenangkan pirian dan mengatur mood atau perasaan seseorang. Dikenal sebagai sistem limbik, bagian otak ini juga mempengaruhi sistem saraf. Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa minyak Essential dapat mempengaruhi detak jantung, tingkat stres, tekanan darah, pernapasan dan fungsi kekebalan tubuh.

Manfaat Lemongrass Untuk Kecantikan Kulit

  1. Sebagai antibakteri

    Lemongrass essential oil dapat digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka dan membantu mencegah infeksi. Penelitian dari 2010 menemukan bahwa Lemongrass essential oil atau minyak serai efektif terhadap berbagai bakteri yang resistan terhadap obat yang dapat menyebabkan infeksi luka, pneumonia, infeksi darah dan infeksi usus serius. Selain itu Lemongrass essential oil juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit.

  2. Sebagai antifungi

    Menurut studi (termasuk laporan pada 2015 yang diterbitkan dalam Jurnal Internasional Nanomedicine) menunjukkan bahwa minyak serai atau Lemongrass essential oil dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur tertentu.  Lemongrass essential oil dapat membantu membasmi fungi yang disebut dengan pityriasis versicolor.

  3. Sebagai antiinflamasi

    Peradangan yang kronis dianggap dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti radang sendi, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker. Minyak serai atau Lemongrass essential oil mengandung citral yaitu senyawa yang berperan sebagai anti-inflamasi.

  4. Sebagai Antioksidan

    Antioksidan membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat merusak sel pada kulit. Penelitian menunjukkan bahwa Lemongrass essential oil atau minyak serai dapat membantu menghadapi radikal bebas. Menurut sebuah penelitian tahun 2011, obat kumur minyak serai menunjukkan kemampuan antioksidan yang kuat.

Tips dalam Menggunakan Lemongrass Essential Oil

Minyak serai atau Lemongrass essential oil dapat dikombinasikan dengan carrier oill seperti jojoba, almond atau avocado. Minyak serai atau Lemongrass essential oil dapat diaplikasikan langsung ke kulit atau ditambahkan ke dalam bak mandi dalam jumlah kecil.

Lemongrass Essential Oil dan Massage Treatment

Darshi Shah, seorang ahli terapi nutrisi dan pelatihan kesehatan mengatakan bahwa serai atau Lemongrass essential oil dapat sangat bermanfaat bagi klien yang berjuang dengan stres, kecemasan dan insomnia. Selain itu, jika klien memiliki masalah seperti keseleo, cedera atau sakit punggung, sifat anti inflamasi pada minyak serai atau Lemongrass essential oil yang melegakan otot dapat membantu meredakan rasa nyeri dan ketidaknyamanan.

Lemongrass essential oil banyak digunakan sebagai salah satu minyak aromaterapi pada prosesi Spa ataupun Massage di salon kecantikan. Tak heran jika minyak ini banyak digunakan karena memang manfaatnya yang banyak tak hanya untuk kecantikan kulit tapi juga untuk kesehatan. Hal tersebutlah yang menjadi alasan kenapa Alora - Hair, Beauty & Spa menggunakan Lemongrass essential oil atau minyak serai sebagai salah satu pilihan aromaterapi saat melakukan Spa ataupun Massage.

Alora - Hair, Beauty & Spa merupakan Salon Rambut dan Spa Kecantikan terbaik dengan konsep Family Friendly terletak di Jakarta Barat yang menawarkan layanan Spa & Massage dengan berbagai pilihan aromaterapi yang bisa dipilih sesuai dengan selera customer, salah satunya Lemongrass Essential Oil. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Spa dan Massage, silakan cek di sini atau bisa juga menghubungi kami secara langsung.

Alora - Hair, Beauty & Spa
Call Us:
 +62 21 5366 5293
Whatsapp Us: +62 812 9947 0636